1 Week 1 Juz Family - GriyaSantun.com : Rumah Santunku

Breaking

Home Top Ad

Monday, February 22, 2021

1 Week 1 Juz Family

1 Day 1 Juz? 
1 Hari 1 juz bacaan Al Qur'an? 
Bukaaan... bukan yang ituuuu 😁


Ini One Week One Juz. 
1 Minggu 1 juz bacaan Al Qur'an. 
Ya anggap aja mirip-mirip, tapiii kita masih kelas warming up 😬


Alhamdulillah dari beberapa tahun yang lalu, ada beberapa teman yang sempet juga ngajakin untuk gabung di group 1 Day 1 Juz / ODOJ (terima kasih ajakannya, barakallah), meskipun hati ini beneran pingin ikutan gabung, namun saya sadar diri masih belum mampu di tahap itu... Semoga suatu saat Allah mampukan. Aamiiin.


Hingga pada suatu hari di group whatsapp keluarga besar mengangkat usulan itu dengan format yang berbeda, yaitu 1 Week 1 Juz. Untuk menyelesaikan bacaan Al Qur'an 1 juz diselesaikan dalam rentang max 1 minggu, boleh lebih cepat.


Wah, lumayan nih, 1 minggu waktunya, insyaallah bisalah. Bismillah ☺️




Dimulai pada hari Jum'at subuh dan berakhir pada hari Kamis maghrib. Alhamdulillah sekarang ada kegiatan rutin tiap hari : mencicil bacaan Al Qur'an, agar dalam 1 minggu bisa menghatamkan bacaan sebanyak 1 juz sebagaimana giliran juz yang diberikan. 


Tidak harus 1 juz saja, jika sebelum 1 minggu ternyata qadarullah Allah mudahkan untuk menyelesaikan 1 juz tersebut, kita bisa terus melanjutkan bacaan ke juz berikutnya. Jadi 1 juz itu minimalnya. Lebih? Boleh 🙂


Contoh :
Periode baca : Jum'at - Kamis (19-25 Februari 2021)
Petugas baca do'a khatam Qur'an : si A

Peserta :
- Juz 1 : si A
- Juz 2 : si B
- Juz 3 : si C
- Juz 4 : si D
- Juz 5 : si E
... dst sampai Juz 30. Total peserta sesuai jumlah juz Al Qur'an, 30 orang.





Setelah peserta menyelesaikan bacaan 1 juz nya, mereka akan melaporkan di group. Contoh : "Alhamdulillah juz 3 kholas", dst. Maka admin group akan mengupdate daftar bacaan juz dengan tanda khusus untuk membedakan mana yang sudah selesai dibaca dan mana yang belum.


Pada hari terakhir (Kamis pagi), admin biasanya akan mengingatkan peserta bahwa hari ini adalah hari terakhir periode pembacaan 1 Week 1 Juz, sore nanti adalah kegiatan penutupan periode, diharapkan semua peserta telah menyelesaikan tugasnya.


Kadang ada juga peserta yang sampai detik terakhir belum menyelesaikan tugasnya (jarang), maka admin akan menunggu penutupan sampai peserta tadi menyelesaikan bacaannya. Namun waktunya tidak lama, hanya 1 hari (sampai Jum'atnya saja), sementara peserta lain bisa melanjutkan bacaan ke juz berikutnya. 


Alhamdulillah kegiatan ini sudah masuk bulan ke 5, sejak keikutsertaan saya di bulan Oktober 2020.


Awalnya hanya saya dan anak sulung yang ikutan, karena ditengah perjalanan ada peserta yang karena satu dan lain hal memutuskan untuk tidak lanjut ikut di kegiatan ini, akhirnya anak bungsu ikutan juga, menggantikan juz yang kosong.


Menyelesaikan baca 1 juz selama seminggu, berat gak? Yaa karena sebelumnya tidak terbiasa mengingat-ingat sudah mengaji berapa banyak tiap harinya, tiap minggunya, jadinya awal-awal terasa agak berat juga. Tapi mengingat-ingat 1 juz itu biasanya kisaran 20 halaman, dalam 1 minggu ada 7 hari, tiap hari minimal 2-3 halaman saja insyaallah sudah bisa khatam juga 1 juz. 

#pengingatdiri #selfreminder


Tiap hari baca postingan di sosial media, baca buku, dll, tiap hari 1 lembar baca Al Qur'an insyaallah tidak memberatkan. Apalagi Al Qur'an kita bawa mati, amalannya gak cuma di dunia, tapi tembus ke akhirat, jadinya insyaallah banyak manfaatnya.


Selain itu bisa jadi sarana membiasakan diri, new lifestyle, kebiasaan baru : kita dan keluarga mengaji bersama setiap hari 😊


Saya / kami memang tidak seideal itu, iman kami pun naik turun, tapi bismillah aja. Apalagi mengingat kedua orang tua yang sudah meninggal, jadi penyemangat tersendiri untuk lebih membahagiakan mereka. Apa sih yang mereka butuhkan? Pahala anak-anak yang sholeh-sholehah, ilmu yang manfaat, pahala dari hasil mereka mengajari anak-anaknya kebaikan, termasuk mengajari anak-anaknya baca Qur'an.


Kalau anak-anaknya membaca Al-Qur'an, itu juga buah dari ajaran mereka juga, insyaallah jadi hadiah tersendiri yang membahagiakan mereka walau mereka sudah meninggal ☺️


Ah, saling menyemangati dalam kebaikan, saling mengingatkan, insyaallah lebih kita butuhkan saat ini. Bismillah, tetap ikhtiar, tetap semangat, tetap happy, semoga Allah mudahkan dan mampukan semua ikhtiar kita. Bersaudara tak hanya di dunia, tapi hingga di akhirat kelak. Aamiin yaa robbal alamiiin 🤲


Salam ukhuwah,
Zakia




No comments:

Post a Comment