DIY Kasur Rasa Sofa - GriyaSantun.com : Rumah Santunku

Breaking

Home Top Ad

Wednesday, May 6, 2020

DIY Kasur Rasa Sofa

Saat krucil masih balita, kami memutuskan untuk membuatkan mereka kamar sendiri. Salah satu tujuannya adalah agar mereka merasa bertanggung jawab dengan barang-barang dan area miliknya, yaitu kamar tidur mereka. Termasuk di dalamnya tanggung jawab menjaga kebersihannya, merawat kerapian kamarnya, menata sprei, bantal, dan perlengkapan tidurnya, dll.

Memang usia segitu tidak mudah, namun semuanya berproses. Bismillah. Juga untuk mempersiapkan mereka memasuki masa baligh, dimana kamar anak perempuan dan anak laki-laki dipisahkan.

Karena saat itu usia mereka masih balita dan ukuran kamar mereka standar/tidak terlalu besar, kami memutuskan untuk membelikan mereka kasur single tumpuk ukuran 100x200cm, dimana kalau ada saudara yang datang menginap, kasur bagian bawahnya bisa digeser keluar. Sehingga kamar menjadi lebih praktis, terasa lebih luas dengan kasur tumpuk itu, namun juga multifungsi untuk penggunaan lebih banyak orang saat diperlukan.

Beberapa waktu yang lalu, terpikir ide untuk menggeser kasur bawah krucil ke ruang tengah/keluarga, agar saat berkumpul tidak harus duduk di lantai (sebelumnya ruang tengah dihamparkan karpet saja). Terutama saat kakek dan nenek krucil datang. Kasihan kalau harus duduk di bawah.

Singkat cerita, dipindahkanlah salah satu kasur bawah krucil ke ruang tengah tersebut. Namun, namanya juga kasur ya, jadinya perlu dilapisi dengan sprei. Dan sprei yang ada, sebagaimana sprei pada umumnya, kainnya dari kain katun dengan motif lucu-lucu. 

Pokoknya kelihatan banget bahwa kasur tidur terpampang di ruang tengah 😁 Kalau dilihat terkesan kurang rapi, juga kalau ada tamu, terkesan kurang pas gitu, ada kasur di ruang keluarga hehehe.

Akhirnya, tercetus ide untuk membuat sprei dari kulit sintetis, bahan yang sama dengan pelapis kursi tamu/sofa. Bahan kulit sintetis ini setahu saya lebar kain biasanya hanya 1,4-1,5meter. Cukup imut untuk dibuat sprei. Okelah, nanti rada tricky sedikit saat membuatnya 😃

Penampakan kasur 😁


Setelah menunggu beberapa hari karena bahan kuliy sintetisnya beli online, alhamdulillah kemarin bahannya datang. Proyek membuat cover kasur bisa dilaksanakan 😊

Untuk teman-teman yang ingin mempraktekkannya di rumah, caranya sebagai berikut :

1. Ukur luas kasur, berapa panjang dan lebarnya.
2. Ukur tinggi kasur.
Diy kasur rasa sofa
Ini ukuran kasur di rumah yang akan dikaryakan 😊


3. Totalkan luas kasur + luas tinggi keliling kasur, sehingga didapatkan berapa meter kebutuhan kain sintetis yang perlu disiapkan.

Diy kasur rasa sofa
Seumpama box kemasan yang dibuka, ini luas bahan yang diperlukan untuk membuat cover kasur.

Catatan 1 : karena lebar kulit sintetis yang dibutuhkan adalah lebar = 25cm+100cm+25cm = 150cm, namun bahan kulit sintetis yang dibeli adalah lebar 140cm, kurang 10cm (nemunya lebar ini aja di internet, hik), sehingga salah satu sisi (yang nantinya sisi tersebut akan diletakkan di sisi tembok) jadinya lebih pendek 😁

Anggap sisi yang akan diletakkan menghadap tembok adalah sisi atas ya.


4. Garis-garis putih putus-putus pada gambar di atas adalah garis yang perlu dijahit. Sebelumnya 2 garis yang tegak lurus disatukan, sehingga total ada 4 jahitan (1 jahitan tiap pojok : Garis A dan B. Garis C dan D. Garis E dan F. Garis G dan H).

5. Sisa bahan pada lipatan tiap pojok, dipotong dengan jarak sekitar 4-5cm dari jahitan.

6. Pada bagian bawah tiap-tiap pojok, dipasang karet, agar saat cover kasur dipasang terlihat rapi.

Catatan 2 : karena kondisi yang ada di catatan 1, maka di cover kasur ini yang saya beri karet hanya 2 pojokan yang menghadap ke muka / yang terlihat saja (pojok pada sisi jahitan G dan H, juga jahitan E dan F). Untuk 2 pojokan yang menghadap tembok, tidak dipasang karet.


Mudah yaaaa. Namun karena bahan yang dijahit ini lebar, sehingga ada kesulitan tersendiri saat menjahit, yaitu bagian yang dijahit bahannya ketarik ke bawah. Sehingga perlu tempat/meja yang lebih lebar/luas untuk menjahitnya agar lebih leluasa. Saya pilih jahit di bawah / lantai saja 😁

Berikut hasilnya penampakan kasur yang sudah dipasang cover dengan bahan kulit sintetis :


Jadi lebih rapi dan tidak terlihat kasur banget kan? Mirip-mirip sofa lah kalau dilihat. Jadi lebih matching dengan kursi sofa hitam dekat kasur itu kan? 😍

Gimana? Suka gak? 
Ada saran tambahan? Boleh komen di bawah ya. Semoga bisa manfaat bagi siapa saja yang membutuhkan solusi ini 😇

Salam,
Zakia - Griyasantun.com



2 comments: