DIY Kerudung Favorit Adek, Kerudung Instan Simple & Enak Dipakai - GriyaSantun.com : Rumah Santunku

Breaking

Home Top Ad

Wednesday, November 27, 2019

DIY Kerudung Favorit Adek, Kerudung Instan Simple & Enak Dipakai

Awalnya si adek hanya punya kerudung yang merah, hadiah dari tantenya.
Alhamdulillah adek suka, dan dipakeinnnnnnnnnnnnn terus 😊.

Meski sudah punya kerudung instan yang lain, yang modelnya juga lebih lucu dan anak2 banget (keluaran brand jilbab anak d****a, dulu sengaja beli beberapa buat nggantiin kerudung bayi adek yang masihhh aja dipake meski sudah tk hehehe). Tapi tetep aja kerudung merah ini yang dipake adek kemana-mana.

Kerudung yang lain juga pernah dipake sama adek, tapi jaraaaang pake banget hehehe. Bisa diitung jari, banyak nganggurnya dibanding dipakenya 😂
Adek dan mas di acara lomba mewarnai... adek dengan kerudung merahnya :)

Udah banyak kegiatan yang kalo diamati fotonya, adek makenya kerudung merah ini lagi, kerudung merah ini lagi 😂
Bunda tanyain, kenapa pake ini terus? Kerudung adek yang lain gak dapet giliran dipake sama adek. Katanya kerudung ini dipakenya enak. Alasan anak kecil sederhana ternyata ya 💖

Cek-ricek, mengapa adek suka jilbab ini karena :

- bahannya enak, melar elastis, jadi pas di muka, gak ketat
- bahannya sedang, gak tebel tapi juga gak tipis
- bahannya gak mudah lecek, secara anak-anak yang pake yaa
- ada manik-maniknya 😊

Karena jilbab merah lagi, merah lagi yang jadi pilihannya untuk dipake kemana-mana, akhirnya bunda gemes juga.
Nyari bahan kaos sisa jahit sebelumnya, alhamdulillah ada, warna hitam dan putih. Namun memang bahannya tidak sama persis dengan bahan jilbab kaos yang merah. Bahan warna putih dan hitam lebih adem karena bahan katunnya lebih banyak dibanding yang merah, namun memang bahan yang putih dan hitam lebih mudah lecek dibanding yang merah, namun leceknya gak banget-banget. Masih ok lah.

Mulailah bunda buat kerudung adek dengan 2 kain kaos hitam dan putih tadi.

Berikut cara membuat kerudungnya :

  1. Lipat kain kaos menjadi 2, rapikan, pastikan lurus/tidak ada yang terlipat/lecek di dalamnya, dll.
  2. Pada sisi lipatan kaos akan menjadi bagian belakang kerudungnya nanti. Kalau ukuran kerudung adek, saya buat panjang belakang 57cm (disamakan dengan panjang kerudung merah).
  3. Pada sisi tegak lurus lipatan tadi, akan menjadi bagian depan kerudung. Ukur kira2 berapa panjang wajah anak (enaknya bahan kaos, ukuran tidak harus persis, bisa pakai rumus kira-kira karena bahannya bisa melar/stretch/elastis 😊)
  4. Panjang kerudung depan diukur dari dagu sampai bawah. Untuk kerudung adek ini saya buat panjang kerudung depan 38cm.
  5. Potong kain melengkung, dari hasil pengukuran no 2 dan 4 tadi.
  6. Untuk bagian petnya, ambil kain lainnya, lipat kain, sisi yang bukan lipatan dibentuk mirip bulan sabit, tapi bulan sabitnya endut hehehe. Lebar tengah pet 9cm. Panjang petnya 32cm. Potong deh. Bagian pet ini sengaja tidak pakai kain keras/busa yang biasanya dipakai pada pet kerudung, karena adek memang sukanya begitu aja.

Untuk proses jahitnya :

  1. Bagian pet dijahit pada sisi lengkungnya.
  2. Sambungkan sisi lengkung tsb dengan bagian muka atas kerudung. Obras.
  3. Jahit bagian depan kaos (dari dagu ke bawah).
  4. Rapikan bagian sekeliling wajah kerudung dengan melipat sisi-sisinya dan jahit.
  5. Jahit bagian bawah kerudung, dengan jahitan kelim.
  6. Selesai! 😊

Ini penampakan kerudung merah yang dijadikan bahan contekan, plus kerudung putih dan hitam hasil duplikasinya :)

Alhamdulillah sekarang yang sering dipake adek tidak hanya kerudung merah, tapi juga kerudung hitam dan putih ini, meskipun gak bunda pasangin manik-manik seperti kerudung merah 😂. Hehehe.... Tetep aja, 3 kerudung ini yang jadi favoritnya.
Adek dan kerudung favoritnya :)

By the way, sepertinya nggak cuma karena enak dipakenya kali ya, mungkin adek ini suka model kerudung yang sederhana dan gak ribet 😊. Plus, ada permintaan tambahan dari adek, minta dibuatin kerudung gini lagi yang warna lain 😂

Kalo gadis kecil bunda gimana?
Suka kerudung simple juga? 💖

Salam,
Zakia - GriyaSantun.com



2 comments:

  1. kalau buat anak2 sih meamng hrs yang simpel ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar, biar anak juga nyaman dan enak geraknya ya mbak :)
      Tapi ada juga loh jilbab anak-anak yang rame meriah, banyak bunga2 dan pita2 gitu. Mungkin selera bundanya, bukan anaknya (bundanya yang milihin), wallahu'alam ^_^
      Anyway, yang penting anak-anak nyaman dulu ya

      Delete