Kebiasaan Orang-Orang Besar - GriyaSantun.com : Rumah Santunku

Breaking

Home Top Ad

Tuesday, July 2, 2019

Kebiasaan Orang-Orang Besar

Kebiasaan orang-orang besar... ah sok tahu nih .. hehehe
Hmm.. bisa jadi dibilang begitu.. karena memang saya tidak melakukan pencarian data melalui survey ataupun observasi kepada banyak orang besar / sukses dan lain sebagainya, melalui cara-cara ilmiah..

Namun apa yang saya katakan disini, mungkin lebih cenderung suara yang ada di pikiran saya, yang memberontak ingin dicurahkan dalam tulisan... ditambah dengan observasi kecil-kecilan yang saya lakukan pada sekitar dan orang-orang yang saya kenal, yang menurut saya merupakan orang-orang besar :)

Untuk menjadi orang-orang tersebut, sudah pasti membutuhkan kerja keras dan ketekunan/konsistensi, sehingga apa yang dilakukan menjadi suatu kebiasaan yang mengakar pada dirinya, sehingga seolah tanpa merasa terpaksa, tubuh dan pikirannya telat terbentuk sedemikian rupa dari perjalanan yang panjang yang sudah dilakukannya.

sukses
pic source : pixabay.com



Kebiasaan-kebiasaan yang patut dipupuk agar menjadi orang besar atau orang yang sukses adalah :
  1. Selalu menyempatkan dirinya untuk mengupdate informasi yang dimilikinya.
    Tidak terlena, tidak mudah berpuas diri atas pencapaiannya. Informasi adalah barang yang sangat berharga. Dengan mengetahui suatu informasi lebih dulu dari yang lain, ia bisa menjadi seorang visioner, juga pioner yang mampu melihat lebih awal peluang-peluang yang ada di depan mata, sebelum peluang itu diambil pihak lain.
  2. Selalu berlatih untuk menyukai dan mensyukuri apa yang dimiliki.
    Dengan menyukai dan mensyukuri apa yang dimiliki, membuat dirinya merasa enjoy dengan dirinya, tanpa harus rendah diri.
  3. Mampu menyampaikan apa yang ada di pikirannya kepada orang lain dengan baik, dan berani melaksanakan apa yang direncanakannya.
    Ide yang hebat, tidak akan bisa dijalankan jika ide yang ada di dalam kepala tersebut tidak disampaikan ke luar, kepada partner, pemodal/investor, dll.

    Hal ini sepertinya mudah, namun tidak semua orang bisa menerangkan apa yang ada di pikirannya, sehingga lawan bicaranya menjadi mengerti apa yang ingin disampaikannya. Kemampuan menyampaikan ide agar sesuai dengan apa yang dipahami oleh lawan bicara adalah kemampuan komunikasi yang harus dilatih untuk menjadi orang-orang hebat tersebut.
  4. Santun dan rendah hati atau low profile
    Mereka-mereka yang telah sukses, biasanya mereka sangat sadar perjuangan mereka hingga sampai ke titik saat ini. Mereka menghargai perjuangan. Sehingga saat melihat orang lain sedang berusaha melakukan hal yang sama seperti dirinya dulu, ia tidak akan mencemooh orang tersebut, karena ia tahu, memang itulah proses yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan.

    Dengan berlaku low profile, orang lain akan merasa nyaman dengan dirinya, tanpa merasa terancam atas orang tersebut. Kesuksesan tidak akan bisa diraih sendirian bukan? Kesuksesan butuh kolaborasi, kerjasama.  Dengan akhlak yang baik, tentu menjalin kerjasama dengan pihak lain akan lebih mudah diwujudkan.
  5. Jujur
    Kata-kata yang diucapkannya, dibuktikan sesuai apa yang dijanjikannya

Ada yang mau menambahkan?
Boleh share ya, semoga kita semua bisa meraih cita-cita kita.
Aamiin :)

Salam,
Zakia - GriyaSantun.com



No comments:

Post a Comment