Gorden Kolong Dapur Bikin Dapur Rapi dan Cantik - GriyaSantun.com

Breaking

Home Top Ad

Thursday, July 4, 2019

Gorden Kolong Dapur Bikin Dapur Rapi dan Cantik

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mempercantik rumah, sekaligus menyiasati penyimpanan barang agar rumah terlihat rapi.

Bukan berarti boleh berantakan yaa hehehe, namun adakalanya berantakan yang terjadi, belum bisa segera kita rapikan karena satu dan lain hal. Entah karena budget yang sedang over sehingga menunggu dana berikutnya, atau juga karena kesulitan tenaga pengerjaannya, dll. Begitu juga dengan ruang dapur.

Dapur adalah ruangan yang bisa dikatakan selalu sibuk dan senantiasa dipakai setiap hari oleh penghuni rumah. Entahlah untuk sekedar membuat minuman hangat, misalnya.


Dan jangan lupa, barang-barang keperluan dapur pun jumlahnya sangat banyak. Mulai dari :

  • peralatan memasak sederhana, seperti : wajan, panci, pan, magicom, blender,
  • bahan memasak, penyimpanan bahan memasak, 
  • juga peralatan makan seperti : piring, sendok, garpu, serbet, dll, 

yang tentu saja membutuhkan ruang cukup banyak untuk penyimpanannya agar rapi di simpan, juga mudah dicari saat diperlukan.

Gorden kolong dapur | doc.pribadi

Nah, salah satu trik untuk merapikan dapur dengan cepat adalah dengan meletakkan barang-barang yang belum memiliki tempat, dll, di kolong dapur.

Agar kolong dapur tidak terlihat kurang rapi, juga mempercantik dapur, pemberian gorden pada kolong dapur sangat bisa dipertimbangkan! Selain mudah pemasangan dan pemeliharaannya, murah, juga fleksibel karena bisa diganti-ganti sesuai mood dan suasana hati penghuninya. Menarik kan? :)

Untuk memasang gorden kolong dapur, dibutuhkan gorden khusus untuk kolong dapur, karena tinggi dan panjang gorden akan disesuaikan dengan besarnya kolong dapur. Sedangkan untuk membantu pemasangannya agar rapi, bisa menggunakan kabel gorden yang memiliki pengait di kanan dan kiri, atau bisa juga menggunakan tiang gorden fleksibel. Saran saya, tidak disarankan menggunakan kawat, karena hasilnya yang kurang rapi, kecuali terpaksa ^_^

Saya lebih menyarankan menggunakan tiang gorden fleksibel, yaitu tiang khusus gorden yang bisa diatur panjang pendeknya sesuai kebutuhan. Selain mudah sekali pemasangannya, tidak memerlukan alat apapun, juga tidak merusak tembok kolong dapur. Plus, hasil pemasangannya lebih rapi karena tidak ada lengkungan di bagian tengah gorden!

pic source : lazada.co.id

Tiang gorden fleksibel ini biasanya tersedia dalam 2 macam ukuran, yaitu : ukuran 75cm s/d 120cm, dan ukuran 150cm s/d 200cm.
Pada foto contoh gorden kolong dapur di atas, menggunakan tiang gorden dapur ukuran 150cm s/d 200cm sebanyak 2 buah untuk bagian kanan dan kiri.

Untuk kebutuhan gordennya, diperlukan kain sepanjang 2x panjang kolong, agar menghasilkan rempel yang pas.
Terlalu banyak rempel membuat gorden menjadi terlalu gemuk dan nampak kurang rapi. Terlalu sedikit rempel juga membuat kurang pas dipandang. Namun semua kembali ke selera masing-masing :)

Pada contoh foto gorden kolong dapur di atas, panjang kolong dapur adalah 175cm 2x, yaitu sisi kiri dan kanan. Sehingga kebutuhan kain gorden keseluruhannya menjadi (175cm x2) x 2 = 700cm atau 7 meter.

Oiya, pemilihan jenis kain yang digunakan juga penting ya, agar jatuhnya rimpel gorden menjadi pas dan cantik. Ada yang waterproof juga loh!

Pernah saya lihat di internet, gorden kolong dapur yang melembung, sepertinya dibuat dari bahan kain satin yang menghilap, agak kaku/tidak jatuh, sehingga kesan yang saya dapat gorden kolong dapurnya menjadi kurang rapi :)

Dengan menggunakan gorden kolong dapur, bisa menutupi kesemrawutan barang atau apa saja yang ada di kolong dapur, menjadi rapi seketika! :)

Selain itu fungsi gorden kolong dapur ini bisa menambah indah ruangan dengan pilihan warna dan motif gorden yang dipakai. Saat bosan, kita bisa mengganti-ganti gordennya dengan warna gorden yang kita inginkan. Modelnya pun bermacam-macam, mulai dari yang minimalis sampai yang mewah ataupun heboh. Yang suka gaya vintage bisa pilih model gorden yang banyak renda, yang suka minimalis bisa seperti yang di foto di atas, dll, bebas berkreasi :)

Gorden kolong dapur shabby chic | pic source : bukalapak.com

Menambah mood untuk masak dan makin betah di dapur kan? :)
Makin rajin masak, makin disayang keluarga :)

Dapur teman-teman ada yang dipercantik dengan gorden juga? Suka gorden motif atau yang polos?
Share di komentar yuk :)

Salam,
Zakia - GriyaSantun.com



No comments:

Post a Comment